Tuesday 24 May 2016

My First Summit in West Java (Mt. Cikuray 2821 mdpl)

Pendakian Gunung Cikuray ( 3 - 5 April 2015) 

Sekilas Tentang Gunung Cikuray 
Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di perbatasan desa Bayongsong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. Dengan ketinggian 2821 mdpl, gunung keempat tertinggi di Jawa Barat. (1)

Pendakian kali ini benar-benar tanpa persiapan fisik, hanay mengandalkan sisa tenaga setahun yang lau, mari kita lihat apa yang akan terjadi....

Jumat, 3 April 2015
Disela-sela kesibukan para perantau ditengah-tengah Ibukota, pendakian yang direncanakan akan segera di eksekusi. 8 orang pemuda dan pemula (pendaki muka lama) segera meluncur menuju Terminal Bus Rambutan, terminalnya para pendaki dikala libur.

Rute perjalan menuju Terminal Guntur, Garut Jawa Barat (Titik Start untuk memulai pendakian Cikuray dan Papandayan).

Dari Depok - Terminal Rambutan
Ada 2 angkot yang biasanya digunakan untuk menuju Terminal Rambutan. Angkot 19 ( warnanya Merah) dan angkot 112 (warnanya biru). Sekitar 45 menit dengan ongkos sekitar IDR 6.000 

Terminal Rambutan - Terminal Guntur
Jangan heran melihat banyak orang menyandang Carier dan memakai speatu gunung. Di terminal Rambutan pemandangan seperti itu sudag tak asing, terlebih dihari libur. Terminal Rambutan , terminalnya para pendaki yang mau ke Garut, Bandung, Tasik, dan kota-kota lainnya. 

Terminal Bus Rambutan
Nah dengan ini kita akan meluncur menuju Terminal Garut
GARUT - JAKARTA

Cileunyi Ps Rebo

AC CIPULARANG



WANARAJA
Begitulah kira-kira tulisan yang terbaca pada bus kuning ini...
Perjalanan dengan bus atau kendaraan roda 4 adalah perjalanan yang cukup melelahkan bagi sebagian orang termasuk saya. (Ada sedikit cerita tentang saya dan kendaraan roda 4 khususnya mobil..masa lalu)


Pukul 17.00 bus berangkat sesuai jadwal. Kurang lebih 45 menit perjalanan kita sampai di terminal tujuan, Terminal Guntur. dengan ongkos IDR 52.000/orang.

Terminal Guntur - Stasiun TV

Kehangatan diatas Pick Up (gambar diambil sewaktu perjalanan turun/balik dari stasiun TV menuju terminal Guntur oleh Mamat Aja (nama FBnya)
Belum usai cerita tentang naik kendaraan roda 4. Perjalanan selanjutnya menuju stasiun pemancar TV. Mobil pick up adalah satu-satunya kendaraan umum yang diperbolehkan mengantarkan para pemdaki ke pos stasiun TV sebelum memulai pendakian menuju pintu rimba. Jangan khawatir kita hanya tinggal mencari kurang lebih 15 orang, Pick up siap diberangkatkan. Cukup dengan membayar IDR 45.000/orang. Lama perjalananan kira-kira 1jam 35 menit (23.05/ wib 3 april 2015 - 00.30 wib.4 April 2015).


By : Aethra 225

Reference :
(1) https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Cikuray

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah membaca blog ini, semoga bermanfaat, diterima kritik dan sarannya...